Thursday, July 1, 2010

Prosesi - Prosesi Pernikahan Secara Umum - Part 1

Sesuai dengan yang saya janjikan di posting saya sebelumnya, Apa Saja Tugas Wedding Organizer, saya akan memberikan kepada anda apa saja sih prosesi - prosesi yang ada di sebuah pernikahan.

Sebelum saya memulainya, perlu diketahui yang akan saya jabarkan di sini adalah prosesi secara umum saja karena banyaaakk sekali adat - adat pernikahan terutama di negeri kita Indonesia. Prosesi - prosesi pernikahan akan saya ceritakan dalam bentuk cerita saja ya, seolah - olah anda adalah calon pengantinnya :)

Baiklah, pertama - pertama, anda akan dibangunkan oleh wedding organizer pada pagi buta, sekitar jam 4 atau 5 pagi. Setelah itu, anda akan pergi ke salon yang biasanya jadi satu dengan bridal untuk mulai di-make-up oleh make up artist anda. Kira - kira, proses make up ini memakan waktu 2 - 3 jam. Sebelum anda pergi ke salon, pastikan anda sudah makan, mandi, dan melakukan bisnis anda di kamar mandi (banyak pengantin yang saking tegangnya sampai sakit perut, tahulah maksud saya ;p). Yang di-dandan-i di salon bukan cuma anda saja, orang tua (terutama kedua orang ibu) juga harus ikut dandan untuk prosesi berikutnya.

Setelah dandan, anda akan melakukan prosesi terpisah dengan pasangan anda. Untuk yang pria, anda akan menuju rumah / kamar hotel anda untuk melakukan prosesi Pemasangan Jas.

Prosesi Pemasangan Jas

Prosesi pemasangan jas dimulai dengan adegan (untuk keperluan foto dan video) anda memakai sepatu. Jangan lupa untuk selalu tersenyum supaya foto dan video liputan anda nantinya jadi bagus. Tidak lucu kan kalau di hari yang bahagia anda cemberut ;p

Prosesi kemudian dilanjutkan anda hormat kepada orang tua anda. Lalu, salah satu orang tua anda (biasanya ibu) akan mengambil jas pengantin anda, lalu memakaikan ke anda bersamaan dengan ayah anda. Jangan lupa beritahu orang tua anda untuk berakting merapikan dasi dan kerah baju anda. Setelah jas terpasang, ibu anda akan memasangkan korsase (bunga di dada) di jas anda dengan terbalik. Korsase memang sengaja dipasang terbalik, supaya nantinya mempelai wanita dapat membaliknya untuk anda (biar so sweet gitu). Setelah korsase terpasang, pada akhirnya orang tua memberikan hand bouquete kepada anda sebelum menyerahkan anda kepada pengapit anda.

Sebelum orang tua anda menyerahkan anda kepada pengapit (2 orang), pengapit akan memberikan hormat kepada anda dan orang tua anda. Setelah itu, orang tua anda akan menyerahkan anda kepada pengapit untuk menjemput mempelai wanita.

Prosesi Tutup Waring

Apabila anda mempelai wanita, anda akan memulai prosesi anda dari sini. Sebelum kedua orang tua anda menutup waring anda, anda memberikan hormat dulu kepada kedua orang tua anda. Boleh juga dilanjutkan dengan mencium pipi kiri dan pipi kanan kedua orang tua anda, sebagai tanda anda sangat mencintai mereka.

Setelah itu, adegan dilanjutkan dengan anda duduk di sebuah kursi dengan kedua orang tua anda mengapit sisi kiri dan kanan anda. Lalu dengan perlahan - lahan, kedua orang tua anda akan menutup waring anda. Jangan lupa tersenyum dan memandang kedua orang tua anda secara bergantian.

Prosesi Temu Pengantin

Ini dia saat yang ditunggu - tunggu oleh kebanyakan para pengantin, apalagi bila sebelumnya mereka berdua dipingit dan tidak boleh bertemu selama jangka waktu yang ditentukan. Tapi di jaman yang serba modern ini susah deh melakukan pemingitan, ada HP, video calling, internet, webcam, ahh...indahnya teknologi ;p

Prosesi temu pengantin dimulai dengan mempelai pria menghampiri kamar mempelai wanita. Kamar mempelai wanita biasanya di hotel dan merupakan kamar pengantin anda setelah acara. Sebelum masuk kamar, orang tua mempelai wanita sudah menunggu mempelai pria di depan pintu kamar. Mempelai pria bersamaan dengan 2 orang pengapit memberikan hormat, lalu menyerahkan mempelai pria kepada orang tua mempelai wanita.

Setelah diserahkan, mempelai pria akan digandeng oleh orang tua mempelai wanita dengan posisi terbalik. Jadi kedua orang tua mempelai wanita jalannya maju, tapi mempelai pria jalan mundur. Sementara itu, mempelai wanita akan menunggu dengan membelakangi pintu masuk.

Nah, perlahan tapi pasti..(halah)..anda berdua akan bertemu dan menempel punggung ke punggung. Lalu setelah itu, anda berdua akan diberi aba - aba oleh wedding organizer anda untuk membalikkan badan anda perlahan - lahan dan tadaaa...selamat bertemu yaa...(duh jadi ingat masa pernikahan saya dulu)..

Setelah bertatap muka, mempelai pria akan mencium tangan mempelai wanita. Lalu, seolah - olah melihat ada yang salah, mempelai wanita akan memutar balik korsase yang terpasang terbalik. Jangan lupa sekali lagi, senyum yahh :)

Setelah korsase dibenarkan posisinya, anda mempelai wanita boleh merapikan bunga korsasenya, suapay penampilan pasangan anda perfect. Apabila sudah dirapikan, mempelai pria memberikan hand bouquete kepada mempelai wanita melewati waring yang belum dibuka. Jangan lupa untuk membantu mempelai wanita dengan menarik sedikit waring-nya supaya bisa benar - benar dicium aromanya. Yah, walaupun hand bouquete anda tidak wangi, beraktinglah seolah - olah hand bouquete anda wangi biar tampak bagus di foto dan video.

Dengan hand bouquete di tangan mempelai wanita, anda sudah selesai melakukan prosesi temu pangantin. Selanjutnya, anda berdua akan menuju tempat ibadah untuk prosesi pemberkatan.

Prosesi Pemberkatan dan Catatan Sipil

Sesampainya di tempat pemberkatan, anda tidak usah khawatir tentang meja penerima tamu, peralatan - peralatan pemberkatan, dan yang lainnya karena pihak tempat pemberkatan sudah menyiapkannya bersama dengan wedding organizer anda. Ikutilah prosesi pemberkatan anda berdua dengan khusyuk karena di saat ini lah anda berdua akan syah menjadi pasangan suami istri sesuai dengan peraturan agama.

Setelah prosesi pemberkatan selesai, anda berdua akan menerima surat nikah dari tempat ibadah anda yang nantinya akan digunakan untuk proses catatan sipil. Proses catatan sipil biasanya dilakukan juga di tempat ibadah. Tempatnya pasti juga sudah diatur oleh petugas wedding organizer.

Untuk acara selanjutnya, anda akan menuju salon untuk retouch make up anda, dan apabila ada, berganti pakaian untuk pesta resepsi pada malam hari nanti.

Nah, berhubung sudah malam dan saya perlu istirahat, saya akan sambung lagi di Part 2 yah...Terima kasih bagi anda yang sudah mengikuti sampai sejauh ini :)

2 comments:

  1. Thanks untuk wacananya............menambah wawasan Saya sebagai MC di dunia entertaint...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih comment nya ya...semoga pekerjaan anda sebagai MC di dunia entertainment semakin maju dan sukses :)

    ReplyDelete