Thursday, July 1, 2010

Prosesi - Prosesi Pernikahan Secara Umum - Part 2

Nah, post ini adalah lanjutan dari Prosesi - Prosesi Pernikahan Secara Umum - Part 1. Di post yang part 1, anda baru sampai di tahap retouch pengantin. Di tahap retouch ini, anda bersamaan dengan pasangan anda dan orang tua anda akan didandani ulang untuk prosesi resepsi pernikahan anda.

Prosesi Resepsi Pernikahan

Sebelum resepsi dimulai (taruh kata pukul 6 sore resepsi anda dimulai), wedding organizer anda akan meminta anda beserta keluarga besar datang pukul setengah 5 sore, satu setengah jam sebelum acara dimulai. Kenapa harus awal? karena anda akan melakukan foto keluarga dulu di panggung pelaminan, jadi pada saat resepsi berlangsung, anda tidak perlu melakukan foto keluarga lagi. Foto keluarga ini bisa jadi sangat memakan waktu, sedangkan pesta pernikahan lebih baik cepat selesai sehingga lebih berkesan bagi para tamu undangan anda.

Setelah foto bersama keluarga anda selesai, anda berdua akan digiring oleh wedding organizer untuk menunggu di ruang yang disediakan khusus bagi anda berdua. Sambil menunggu dipanggil oleh wedding organizer anda, anda bisa mencicil untuk mengisi perut anda karena pada saat resepsi berlangsung, sangat sulit untuk bisa mengenyangkan perut anda. Wedding organizer anda pasti akan senang membantu anda memanggilkan pelayan katering untuk menyediakan makanan bagi anda berdua.

Nah, sementara anda menunggu, orang tua anda beserta dengan saudara - saudara anda sudah sibuk di tempat resepsi untuk menyambut para tamu undangan yang mulai berdatangan. Menyambut para tamu undangan akan memakan waktu kira - kira sampai dengan 15 menit dari jam undangan (dalam kasus ini, kira - kira jam 6 lebih 15 menit).

Setelah tiba waktunya, anda akan dipanggil oleh petugas wedding organizer untuk bersiap - siap. Nah, prosesi dimulai dengan MC menyampaikan kata - kata pembuka, menyambut para tamu, dan pada akhirnya mengundang para orang tua anda beserta para saudara kandung anda untuk memasuki wedding hall. Setelah itu, baru giliran anda memasuki wedding hall setelah diundang oleh MC. Biasanya MC akan berkata "mari kita sambut pengantin kita, si anu dan si inuu..." begitu...;p

Setelah sampai di panggung pelaminan, acara dilanjutkan dengan kata sambutan. Kata sambutan bisa dilakukan oleh mempelai pria, ayah, saudara, atau oleh MC. Anda bebas menentukan yang terbaik. Setelah kata sambutan selesai, bisa disambung dengan doa bersama, atau langsung ke acara tuang shampagne.

Acara tuang shampagne dilakukan oleh anda beserta pasangan anda. Jangan kaget apabila anda menemukan bahwa yang anda tuang bukan shampagne beneran tapi Fanta atau Coca Cola, karena kalau shampagne yang asli bisa mahal, dan apabila anda menginginkan menuang shampagne yang asli, anda bisa minta kepada wedding organizer anda pada saat planning pernikahan anda.

Acara selanjutnya adalah wedding toast (bersulang bersama). Petugas akan membagikan gelas yang sudah berisi minuman kepada anda, orang tua anda, dan MC. Wedding toast biasanya dipimpin oleh MC selaku pembawa acara. Setelah wedding toast, anda berdua akan ditinggal orang tua anda turun panggung untuk menuju meja pengantin. Jangan iri kepada orang tua beserta saudara anda yang sudah bisa menikmati hidangan yang disediakan, kan tadi anda berdua sudah makan di ruang tunggu :p

Hidangan akan keluar untuk disajikan kepada para tamu undangan pada saat setelah wedding toast. Nah, pada saat ini, anda akan menuju meja kue pengantin untuk acara potong kue. Potonglah kue secara perlahan - lahan dari atas ke bawah 2 - 3 kali.

Logikanya, setelah kue dipotong, pasti akan anda makan bukan? hehe..benar sekali, acara berikutnya adalah suap sayang antara anda dan pasangan anda. Pertama - pertama, mempelai pria akan menyuapkan kue kepada mempelai wanita, lalu sebaliknya. Dilanjutkan dengan saling menyuapi antara kedua mempelai. Setelah suap - suapan, anda berdua akan menuju ke tengah panggung untuk acara puncak yaitu Wedding Kiss.

Wedding Kiss

Setelah di tengah panggun, MC akan meminta mempelai pria untuk sedikit bercanda dengan mencium kening mempelai wanita, dilanjutkan ke pipi kanan, lalu pipi kiri, tidak lupa hidung, dagu, aduuhh..jadi ga sabar hehe...

Nah puncaknya, MC akan meminta anda berdua untuk berciuman. Biasanya waktu anda berdua berciuman, akan ada effect seperti confeti (letusan kertas - kertas kecil), atau fireworks (kembang api) indoor. Jangan terlalu terburu - buru untuk melepaskan ciuman anda, berikan waktu untuk para tamu undangan menikmati pemandangan indah dan bahagia, tidak lupa juga dengan kru foto dan video untuk mengabadikan momen yang paling indah di acara pernikahan anda.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan para tamu undangan. Jangan lupa untuk memberikan daftar foto yang anda inginkan kepada wedding organizer supaya bisa dibacakan oleh MC, jadi anda tidak akan melewatkan orang - orang terdekat anda untuk diabadikan di pesta pernikahan anda.

Anda bisa juga melakukan lempar bunga, atau games untuk para pengunjung, bisa juga menyanyi bersama dengan band pengisi acara. Banyak sekali variasi yang bisa anda lakukan di pesta pernikahan anda.

Clossing Acara Resepsi

Timing yang tepat untuk clossing acara adalah pada saat menu hidangan penutup keluar. 1 menit setelah hidangan penutup keluar, MC akan mengumumkan acara anda telah berakhir, dan anda bisa berjalan bersama dengan orang tua anda ke pintu keluar untuk salaman dengan para tamu undangan yang akan pulang ke rumah masing - masing.

Ada daftar foto yang tersisa dan belum sempat foto? jangan khawatir, setelah acara berakhir, kru foto dan video masih tinggal di depan panggung untuk melanjutkan foto bersama. Setelah semua foto bersama selesai, anda bisa kongkow atau berbincang - bincang dan menyapa tamu yang masih tinggal di tempat acara. Anda bisa juga ngobrol santai dengan para kru untuk sekadar basa - basi atau bercanda ringan melepas stres dari acara seharian pernikahan anda.

Setelah acara selesai, anda bisa langsung menuju hotel untuk menikmati istirahat anda dengan tenang, atau apabila anda masih punya tenaga ekstra, anda bisa menikmati malam pertama anda dengan pasangan resmi anda. Nikmatilah saat - saat itu karena tidak akan terulang lagi. :)

Saran saya, setelah 2 - 3 hari dari hari pernikahan anda, segera lunasi semua pembayaran yang belum lunas baik ke wedding organizer, foto, video, katering, cake, atau yang lainnya.

Apabila di prosesi - prosesi yang saya jabarkan ini menimbulkan pertanyaan - pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi saya. Saya akan membantu anda sebisa mungkin :)

Happy Wedding!

No comments:

Post a Comment