Friday, July 16, 2010

Kekuatan Seorang Master of Ceremony (MC)

Master of Ceremony (MC) dalam sebuah pesta resepsi pernikahan mempunyai tugas yang sangat penting. MC sangat dibutuhkan untuk memandu acara resepsi pernikahan dari awal hingga berakhirnya resepsi tersebut. Bayangkan sebuah pesta resepsi pernikahan tanpa kehadiran seorang MC, pesta anda akan tampak kacau tanpa arah dan tujuan.

Tuntutan tugas seorang MC sangat berat. MC harus bisa membawa suasana sebuah pesta resepsi pernikahan sesuai dengan yang diinginkan oleh mempelai dan keluarga. Ada mempelai yang ingin pestanya berkesan formal, santai, lucu, menghibur, atau bahkan khusyuk.

Seorang MC pun harus mengetahui setiap elemen acara, sehingga acara tidak memiliki celah sedikitpun yang menyebabkan suasana jadi hening dan monoton. Untuk membahas lebih detailnya, saya akan sedikit bercerita seperti yang saya lakukan di artikel prosesi pernikahan secara umum.

Sesaat acara sebelum mulai, seorang MC akan berkoordinasi dengan wedding organizer beserta dengan mempelai apabila memungkinkan. Biasanya, beberapa hari sebelum hari pesta resepsi, diadakan 'rapat keluarga' yang dihadiri oleh seluruh vendor, wedding organizer, dan keluarga mempelai. Di rapat keluarga ini, wedding organizer akan memberitahu tentang rencana berjalannya pesta pernikahan dari awal sampai akhir secara lengkap dan detail sesuai dengan yang diinginkan oleh mempelai dan keluarga. Pada saat ini adalah waktu yang tepat sebagai seorang MC untuk mencatat semua hal yang penting. Kata 'mencatat' saya ketik dengan huruf tebal dengan pertimbangan jangan sampai semua hal yang penting terlupakan karena job seorang MC tidak hanya satu pesta saja dalam rentang waktu tertentu kan? :)

Okay, dimulai dari awal pesta. Sembari menunggu tamu undangan yang datang mencapai kira - kira 70%, MC bisa berkoordinasi dengan band tentang lagu pengiring masuknya MC untuk opening speech. Biasanya wedding organizer sudah menyiapkan lagu pilihan, namun MC dapat memilih sendiri lagu yang diinginkan supaya lebih percaya diri dan sesuai dengan pembawaan MC tersebut.

Pada saat tamu undangan telah mencapai 70% atau sesuai dengan aba - aba dari wedding organizer, MC bisa naik ke atas panggung untuk openning speech. Di saat openning speech, MC menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih karena telah datang kepada para tamu undangan. Jangan lupa juga menyebutkan nama lengkap kedua mempelai dan orang tuanya, seperti contohnya:

"Selamat malam, perkenalkan saya MC Hebat Dwiwarna akan memandu acara pada malam hari ini. Kepada para tamu undangan yang saya hormati, selamat datang di pesta pernikahan Si Budi Botak putra pertama anak kedua tuan dan nyonya Gatot Subroto, dengan mempelai wanita Si Umi Gondrong putri kedua anak ketiga tuan dan nyonya Yos Sudarso"

Improvisasi bisa dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Setelah opening speech, acara berlanjut kepada prosesi masuknya orang tua kedua mempelai beserta saudara kandung mereka. Contoh kata - katanya:

"Pada malam yang berbahagia ini, langsung saja kita sambut orang tua kedua mempelai beserta saudara kandungnya.."

Pada saat orang tua mempelai berjalan menuju panggung, MC bisa announce nama lengkap empat orang orang tua dan saudara kandungnya. Dengan menyebutkan nama lengkap mereka, MC akan menimbulkan kesan kedekatan dengan keluarga mempelai. Tidak hanya itu saja, para tamu undangan yang hadirpun akan lebih merasa dekat dengan MC dan keluarga mempelai.

Setelah orang tua sampai di panggung, saatnya prosesi masuk kedua mempelai. "Mari kita sambut kedua mempelai dengan tepuk tangan yang meriah..." atau "inilah kedua mempelai kita yang berbahagia..." adalah kata - kata yang biasanya dipilih oleh MC untuk menyambut masuknya kedua mempelai.

Bisa juga improvisasi untuk sedikit membawa suasana gembira dengan mengatakan "Lihatlah kedua mempelai kita, senyum - senyum sendiri berdua saking bahagianya...". Hal ini bisa mencairkan suasana atau sebagai ice breaking. Positifnya, apabila kedua mempelai menjadi tersipu malu, kemungkinan para tamu undangan akan tertawa dan suasana pun menjadi enak. Namun, jangan kebablasan sehingga seolah - olah mengejek kedua mempelai. Ingat bahwa kedua mempelai adalah bos bagi seluruh vendor acara. :D

Acara berlanjut ke welcome speech dan berdoa bersama. Welcome speech bisa dilakukan oleh mempelai pria, perwakilan keluarga, atau bahkan dilakukan oleh MC. Apabila option ketiga yang terjadi, jangan lupa untuk menyebutkan "Saya mewakili keluarga kedua mempelai..." untuk menghormati mempelai dan keluarga.

Untuk acara selanjutnya, tuang shampagne, sedikit mudah karena MC tinggal meminta kedua mempelai menuju ke meja tuang shampagne untuk tuang shampagne, lalu improvisasi sedikit dengan, "...dengan menuang shampagne, kita harpakan rejeki mereka mengalir sederas dan sekonsisten shampagne yang mereka tuangkan...".

Hal yang sedikit sulit adalah pada saat Wedding Toast. Prosesi Wedding Toast dimulai dengan dibagikannya gelas toast oleh pagar ayu atau usher dari wedding organizer. Nah, setelah masing - masing orang di atas panggung memegang gelas masing - masing, termasuk MC, band bisa memulai instrument pembangkit semangat.

"Untuk para hadirin tamu undangan, di depan anda sudah tersedia minuman..Mari kita berdiri bersama untuk wedding toast untuk memberi selamat kepada kedua mempelai..Para hadirin, mari kita angkat gelas kita masing - masing setinggi - tingginya...WEDDING TOAASSSTTT..."

Pada saat MC meneriakkan "WEDDING TOAASSTTT..", band bisa memainkan lagu "Congratulation and Celebration" misalnya. Sebelum meminum minuman di gelas anda, jangan lupa untuk sedikit 'mengadukan' gelas anda dengan mempelai dan keluarga. Pagar ayu atau usher akan mengambil kembali gelas - gelas anda. Dan jangan lupa untuk mengucapkan selamat makan kepada para tamu undangan, karena biasanya menu hidangan pertama keluar setelah wedding toast.

Acara - acara selanjutnya adalah serangkaian acara potong kue dan wedding kiss. Anda para MC pastinya sudah mahir untuk memandu acara - acara tersebut.

Yang ingin saya sampaikan adalah pada saat acara wedding kiss. Untuk menaikkan greget, bisa dilama - lamakan dengan meminta kedua mempelai untuk mencium kening, pipi kiri, pipi kanan, hidung, dagu, dll. Bisa juga dengan meminta para tamu undangan untuk tepuk tangan yang panjang pada saat wedding kiss, dengan syarat wedding kiss tidak boleh berakhir apabila tepuk tangan belum selesai. Banyak improvisasi - improvisasi lain yang bisa dilakukan. MC juga bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk acara suap sayang kue pengantin kepada orang tua, ada beberapa urutan yaitu: orang tua mempelai pria, orang tua mempelai wanita, dan terakhir kakek atau nenek kedua mempelai. Untuk suap sayang kakek atau nenek, mempelai harus turun panggung, berbeda dengan suap sayang kepada orang tua dimana orang tua yang naik ke panggung.

Setelah suap sayang, acara berlanjut pada foto bersama. Wedding organizer sudah menyiapkan daftar nama orang - orang yang akan dipanggil untuk foto bersama. Paling tidak, sebutkan lima daftar nama pertama agar tidak terjadi saling menunggu. Apabila sudah ada tiga kloter foto, sebutkan lima daftar nama berikutnya. Nah, pada saat sesi foto berlangsung, MC bisa menyanyi bersama band untuk menghibur para tamu undangan, atau bisa juga datang menjemput orang yang ingin menyumbangkan suara untuk mempelai (kalo di kota saya, sebutannya 'nyumbang lagu').

Hal yang perlu diperhatikan, apabila salah satu 'penyumbang lagu' ini pada saat menyanyi suaranya sumbang, fals, atau lainnya, langsung persilahkan orang tersebut untuk turun panggung setelah lagu pertama berakhir, jangan biarkan berlanjut ke lagu berikutnya. Tapi jangan lupa ucapkan terima kasih untuk menghargai orang tersebut.

Pada saat tertentu, wedding organizer akan memberikan aba - aba kepada MC untuk clossing acara. Jangan ngeyel daftar foto belum selesai atau masih ingin menghibur para tamu undangan, bisa - bisa langsung kena semprot nanti. Hal ini karena timing clossing sudah diperhitungkan matang - matang oleh wedding organizer agar para tamu tidak berjubel di pintu keluar atau hal yang lainnya. Untuk mengatasi daftar foto yang belum selesai, bisa diatasi dengan, "...Untuk para tamu undangan yang namanya tadi sudah disebut namun belum sempat foto bersama, anda bisa menunggu setelah acara selesai karena kedua mempelai masih akan menunggu anda untuk foto bersama..."

Nah, tugas anda sebagai MC berakhir setelah clossing acara. Serahkan mike, q-card, dan benda - benda yang lain kepada wedding organizer, dan anda bebas untuk pulang :D

No comments:

Post a Comment